PERSIJA

PERSIJA

Kamis, 08 Januari 2015

TUGAS KE 8 " MANUSIA DAN HARAPAN "



                                          Bismillahir Rahmaanir Rahiim

Assalamualaikum Wr.Wb.


       1. Pengertian Harapan ?

·        Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang.
·        Harapan berasal dari kata harap artinya keinginan supaya sesuatu terjadi. Yang mempunyai harapan atau keinginan itu hati. Putus Harapan berarti putus asa. Harapan artinya keinginan yang belum terwujud . Setiap orang mempunyai harapan , Tanpa harapan manusia tidak ada artinya sebagai manusia.

     2.  Sebutkan persamaan harapan dan cita-cita ?
Harapan hampir mirip dengan cita-cita, hanya saja biasanya cita-cita itu adalah sesuatu yang diinginkan setinggi-tingginya, sedangkan harapan itu tidak terlalu muluk. Meskipun demikian, harapan dan cita-cita memiliki kesamaan, yaitu :
 1. Keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud.
 2. Pada umumnya baik cita-cita maupun harapan adalah menginginkan hal yang lebih baik atau lebih meningkat.

    3. Sebutkan penyebab manusia mempunyai harapan ?         
  • Sebab manusia mempunyai harapan adalah untuk dijadikan pandangan hidup dan pedoman hidup , agar manusia dapat bermotivasi dalam mewujudkan harapan dan cita – cita yang telah kita rencanakan. Harapan adalah sesuatu yang ingin diwujudkan menjadi kenyataan, dan harapan juga dapat dijadikan pedoman hidup manusia agar melakukan hal sesuai harapannya.
  • ·  Ada 2 hal yang menyebabkan seseorang memiliki harapan, yaitu :
1. Dorongan Kodrat
Kodrat adalah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terwujud dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan.
Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, sedih, dan bahagia.
Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawaan dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat, dan hidup bersama dengan manusia lain.
Dengan kodrat inilah, manusia memiliki harapan.
2. Dorongan Kebutuhan Hidup
Manusia memiliki kebutuhan hidup, umumnya adalah kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk memenuhi kebutuhan itu manusia harus bekerja sama dengan manusia lain. Hal ini disebabkan karena kemampuan manusia sangat terbatas baik kemampuan fisik maupun kemampuan berpikirnya.
Menurut Abraham Maslow, sesuai dengan kodratnya, harapan atau kebutuhan manusia itu adalah :
a. Kelangsungan hidup (survival).
b. Keamaanan (safety).
c. Hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (be loving and loved).
d. Diakui lingkungan (status).
e. Perwujudan cita-cita (self-actualization).
Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup maka manusia mempunyai harapan. Karena pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

     4.       Ceritakan harapan kalian ?

Nama saya ALVIAN HENDRI PRATAMA PUTRA, Saya banyak mempunyai harapan. Beberapa harapan saya yaitu saya pribadi lebih baik lagi, tambah rajin giat dalam semua kegiatan khususnya beribadah .  Harapan selanjutnya bisa membahagiakan ke 2 orang tua dan orang-orang yang saya sayang dan cintai dan bisa membawa ke dua orang tua naik Haji. Lanjutnya harapan saya sukses dalam hal apapun, usaha saya walaupun masih kecil-kecilan (masih toko online) lebih baik lagi lebih maju dan semoga+mudah-mudahan bisa membuka toko dan lebih besar . Harapan selanjutkan yaitu semoga Nilai IPK semester 1 ini baik (besar) dan semesternya lebih tingkat lagi dan masih banyak lagi.
Semoga dan mudah-mudahan semua harapan yang saya inginkan tercapai, Aamiin.

Sumber:

TERIMA KASIH ^V^

Wassalamuaikum Wr.Wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar