PERSIJA

PERSIJA

Selasa, 21 Oktober 2014

Cinta Persija Enggak Pake Ragu!

JakOnline- Tulisan ini ane dibuat cuma nuangin yang ada dipikiran ane dan pengen berbagi cerita ame pengalaman. Kecintaan emang gak ada abisnye, khususnya sama klub sepakbola. Nggak tau kenapa ane lebih ngehargain orang yang fanatik sama klub dalam negeri daripada orang yang “tergila-gila” sama klub luar. Kecintaan terhadap klub dalam negeri sebenernya bawa dampak positif juga buat kemajuan sepakbola dalam negeri. Disadari atau tidak beberapa tahun ini emang sepakbola kita lagi diharapkan banget sama yang namanya prestasi. Dan itu timbul disaat banyak orang kita yang cinta sama klub dalam negeri. Suara-suara lantang supporter kepada Timnas lebih ane hargain karena dia tau dan ngawal perkembangan sepakbola dalam negeri.
Agak benci ane kalo ada orang yang bilang “masih aje lo belain klub dalem negeri”. Gak dikit juga yang bilang gitu ke ane, tapi karena ane salah satu pecinta Persija klub dalam negeri langsung ane bantah. Mendingan ane lah yang masih mau dukung dan perhatiin sepakbola dalam negeri. Klub luar emang oke, dan hanya patut jadi tuntunan buat kita gimana caranya buat majuin tim lokal kayak gitu bukan malah nyinyir.
Nah yang ane omongin disini ya Persija, secara ane asli orang Jakarta. Dulu mungkin ane agak ragu nunjukin diri kalo ane ini adalah pecinta Persija. Karena ketika kita nunjukin diri kalo “gw adalah Jakmania” pasti yang orang bilang rusuh, sangar, alay, atau apalah yang mungkin negative buat mereka. Saat ini ane dengan lantang ane adalah Pecinta Persija. Orang kantor, mertua, temen, siapa aja yang kenal ane mereka tau kalo ane adalah pecinta Persija dan “gw bangga!”.
Kenapa dibilang bangga ?, karena secara gak langsung ane dan temen-temen ane yang sering dateng ke stadion dukung tim nya langsung adalah orang yang perhatian sama sepakbola negeri ini. Ngapain boy jauh-jauh ke Milan, Turin, Madrid, Manchester, dan negara lainnya. Sedangkan di Jakarta dan di daerah lain Indonesia banyak klub-klub sepakbola yang bisa ente buat kayak klub-klub di luar negeri.
Apalagi Persija, ane bangga ama supporternya kalo tim lokal lain bisa dibilang mayoritas orang-orang daerah itu sendiri yang demen ama tim nya, Kalo Persija supporter dari Ras, Suku, Agama mana aja ada disini. Sorry kalo ente tanya nih sama orang yang demen klub lokal lain selain Persija alesannya dari yang ane lihat enggak jauh dari “Karena gw orang Jawa/Sunda/Sumatra” atau daerah lain yang notabene adalah tempat dia pada lahir dan gede disana. Sedangkan supporter Persija itu sendiri kayaknye hampir semua didaerah Indonesia ada dan bukan hanya karena dia orang Jakarta atau betawi sekalipun, multikultur kalo bahasa kerennye. Terlebih disini nih, di Jakarta tumplek blek orang dari mane aje, hal kaya gini yang bikin semakin berwarnanya supporter Persija.
Makanya bang, ncang, mpok semua ente yang pada demen Persija harus bangga, enggak usah ragu kalo kita ini adalah Pecinta Persija atau bagian dari Jakmania. Justru kita bangga dan harus tularkan kecintaan kita pada orang laen. Apalagi sekarang banyak komunitas-komunitas Jakmania yang bisa ente ajak sharing dan berbagi karena kita sama-sama Persija. Contohnya ane yang ikut nimbrung di Jakantor Community dari tahun 2010 (walaupun sekarang jarang nongol), lebih nyaman dukung Persija dan bisa berbagi.
Ane emang nggak sefanatik temen-temen yang lain yang bener-bener setia banget dukung Persija, salut lah buat kalian semua. Ampe Persija maen dimana aja ada yang namanye Jakmania. Walaupun nggak sefanatik itu ane berusaha memelihara cinta ama Persija sampe kapan pun dan akan ane tularin ke anak cucu dan sodara-sodara semua. Paling nggak pengalaman ini ane share buat kalian yang mungkin masih ragu buat dukung Persija. (@Bahtiarivai/JO)
Penganten diiringin petasan, palang pintunye malah bawa lampion.
Persija emang buat Penasaran, kalo ngga percaya Nonton langsung aje ke Stadion

Persija…Persija…Persija

 http://jakonline.asia/cinta-persija-enggak-pake-ragu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar